Pemanfaatan Blog Dalam Pembelajaran di SMKN 2 Gedangsari Gunungkidul



Pemanfaatan Blog Untuk Pembelajaran
Pemanfaatan blog dalam pembelajaran adalah salah satu alternative pemyampaian materi diluar kelas. Hal ini terkadang sangat efektif bagi guru maupun siswa untuk mendapatkan materi yang lebih lengkap dan praktis.  Seperti halnya dalam blog ini, penulis menggunakan blog untuk memberikan materi pelajaran dan tugas mandiri siswa diluar jam kelas.
Bagi beberapa orang blog merupakan ha lasing, namun bagi orang yang terbiasa surfing di internet, blog adalah sarana informasi yang mudah dan gampang didapat. Untuk lebih memudahkan pembaca mengetahui blog, dibawah ini kami ceritakan sedikit pemahaman tentang blog.
Dalam Wikipedia, Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).
Jenis-jenis blog:
Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
Blog agama: Membahas tentang agama
Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
Dan lain-lain…

Pemanfaatan Blog Sebagai Sumber Belajar di SMKN 2 Gedangsari
Di tengah dunia yang semakin modern ini pemanfaatan teknologi dalam dunia pendidikan pun tidak dielakkan lagi. Dengan adanya teknologi modern, arus informasi semakin tak dapat terbendung lagi. Semua orang diseluruh dunia dapat mengetahui apa yang mereka inginkan melalui internet. Internet dapat menghilangkan batas ruang dan waktu sehingga siapa pun dapat memanfaatkanya.
Pemanfaatan internet dalam dunia pendidikan telah gencar dilakukan diberbagai Negara, hali ini juga telah berlaku di SMKN 2 Gedangsari Gunungkidul.  Bahkan internet sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam dunia pembelajaran harian. Blog salah satu produk yang dihasilkan oleh internet dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar karena Blog dapat dibuat oleh siapa pun dengan sangat mudah dan yang paling penting Blog dapat dibuat dengan gratis.
Berbagai referensi, jurnal, maupun hasil penelitian dapat dengan mudah di download diberbagai Blog di seluruh dunia. Cukup memanfaatkan search engine, materi-materi yang dibutuhkan dapat diperoleh dengan cepat. Selain menghemat tenaga dan biaya dalam mencarinya, materi-materi yang dapat ditemui cenderung lebih up to date. Adapun manfaat Blog bagi pebelajar adalah sebagai berikut:
a. meningkatkan pengetahuan,
b. berbagi sumber diantara rekan sejawat,
c. bekerjasama dengan pengajar di luar negeri,
d. kesempatan mempublikasikan informasi secara langsung,
e. mengatur komunikasi secara teratur, dan
f. berpartisipasi dalam forum-forum lokal maupun internasional.
Di SMKN 2 Gedangsari blog dimanfaatkan oleh para guru untuk media pembelajaran, dan guru sebagai pusat pembelajaran. Guru dapat menuliskan materi belajar, tugas, maupun bahan diskusi di blognya, kemudian para muridnya bisa berdiskusi dan belajar bersama-sama di blog gurunya tersebut. Selain itu blog guru dan murid juga dapat saling berinteraksi. Guru, yang harus memiliki Blog, mengharuskan murid memiliki blognya masing-masing, sebagai sarana mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh gurunya. Metode ini bisa memacu iklim kompetisi antar siswa, karena tentu saja para siswa ingin blognya menjadi yang terbaik. Setelah semua siswa memiliki Blog dibuatlah suatu komunitas blogger pebelajar.
Namun penggunaan blog di SMKN 2 Gedangsari kurang optimal dikarenakan lingkungan sekitar sekolah belum banyak infrastruktur yang memadai terkait dengan internet. Hal ini menghambat pemanfaatan blog sebagai media pembelajaran di luar kelas. Sedang penggunaan blog dalam pembelajaran di kelas sudah menjadi pembiasaan namun dengan intensitas yang rendah mengingat jumlah computer yang belum mencukupi bagi semua siswa. Sehingga kedepan penyediaan sarana dan prasarana perlu dianggarkan guna terselenggaranya pendidikan yang lebih baik.

Alwi Mushthofa

2 komentar:

  1. Ikut senang akhirnya selesai jg tugasnya posting artikel tentang blog, lms, facebook, m learning dll. Saya pikir penggunaan blog di sekokah sebagai media pembelajaran memiliki peluang yg bagus untuk membantu peserta didik dalam memperoleh sumber belajar seluas2nya. Terlebih bagi gpai maka hal ini akan memberikan nilai plus dimata peserta didik dan juga lingkungan pendidikan pada umumnya. Kendala seperti sarpras yg kuran dan fasilitas internet yg blm memadai di daerah tertentu semoga bs diatasi di tahun² mendatang. Good...
    Nazid mafaza (14913131)

    BalasHapus
  2. setidaknya kita sudah memulai, beberapa siswa sangat menghargai dan mengapresiasi model pembelajaran ini karena benar2 membantu ketika mereka butuh materi atau jawaban disaat tidak bisa tatap muka

    BalasHapus

copyright © . all rights reserved. designed by Color and Code

grid layout coding by helpblogger.com