Bersumber dari Wikipedia bahasa Indonsia, Facebook adalah
sebuah layanan jejaring sosial yang diluncurkan pada bulan Februari 2004, dan
berkantor pusat di Menlo Park, California, Amerika Serikat. Pada September
2012, Facebook memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif, lebih dari
separuhnya menggunakan telepon genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat
menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi,
menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan
otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat
bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan
berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas
lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti
"Rekan Kerja" atau "Teman Dekat".
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman
sekamarnya dan sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew
McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya
terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di
Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka
diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah
menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun.
Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan Mei 2011, ada 7,5 juta anak
di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook dan 5 juta lainnya di bawah
10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan situs ini.
Facebook meluncurkan versi sekolah menengah atas pada
September 2005 yang dianggap Zuckerberg sebagai tahap logis selanjutnya. Pada
waktu itu, jaringan sekolah menengah membutuhkan undangan untuk bergabung.
Facebook kemudian memperluas persyaratan keanggotaannya kepada karyawan dari
sejumlah perusahaan, termasuk Apple Inc. dan Microsoft. Facebook kemudian
dibuka tanggal 26 September 2006 kepada setiap orang yang berusia 13 tahun dan
ke atas dengan alamat surel yang sah.
Dari data yang diperoleh dari
http://www.tutorialblogging.com bahwa tabel hasil survey pengguna facebook di
berbagai negara yang menduduki 10 besar penggunaan facebook per Maret 2011 Indonesia
tercatat menduduki rangking ke 2 dari 10 negara pengguna facebook terbanyak.
Lebih dari 35.174.940 penduduk Indonesia menggunakan facebook.
Pengguna facebook di Indonesia mulai dari kalangan anak
hingga dewasa. Tetapi sebagian besar pengguna facebook adalah kalangan remaja.
Begitu banyak kalangan remaja yang sudah menggunakan jejaring sosial yang satu
ini. Kemudahan yang didapatkan di facebook adalah daya tarik tersendiri bagi
para kaum remaja. Hampir sebagian besar bahkan semua remaja di Indonesia memiliki
facebook. Facebook saat ini sangat popular sekali di Indonesia yang melanda
masyarakat Indonesia. Dengan facebook kita dapat menambah teman, dan juga dapat
menemukan teman lama yang sudah tidak pernah berkomunikasi lagi (lost contect).
Facebook membantu penggunanya untuk lebih mudah menjalin pertemanan. Alasan
demikian yang membuat facebook memiliki pengguna yang sangat banyak.
Facebook memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah
sebagai alat refreshing otak yang penat. Facebook memiliki keunggulan
dibandingkan dengan jejaring sosial lainnya. Penggunaan facebook lebih mudah
dan lebih efisien. Mudah dipahami oleh orang yang baru menggunakan aplikasi
ini. Facebook juga memiliki fasilitas chatting atau berbicara dengan teman
facebook kita. Sehingga facebook dapat membuat orang lebih memiliki informasi.
Banyak sekali sekarang ini group-group yang dibentuk lewat facebook. Group-group
ini bervariasi, ada group yang hanya untuk mengumpulkan kedalam teman-teman se
sekolah mereka, sebagai bentuk reuni lewat dunia maya. Tetapi dengan
group-group ini dapat membantu mendapatkan informasi tentang teman anda yang
sudah lama tidak bertemu.
Ada juga group yang dibuat untuk penggalangan dana,
kemanusiaan, dan berbagai hal politik pemerintahan yang dibuat untuk mendapat
massa. Dengan penggunaan group yang mengatas namakan kemanusiaan dan
penggalangan dana ini juga dapat berhasil mendapatkan para donatur untuk para
korban musibah yang sedang terjadi. Seperti contohnya kemarin bencana di
Jepang, ada beberapa group yang menggalang dana melalui facebook, mereka juga
mengadakan acara yang diselenggarakan guna mendukung acara kemanusiaan
tersebut.
Facebook juga dapat memberikan berita terbaru yang mungkin
belum kita ketahui. Dengan status-status yang dibuat oleh teman facebook kita,
dijamin kita tidak akan ketinggalan informasi mengenai apa yang baru
hangat-hangatnya dibicarakan dewasa ini. Atas dasar inilah facebook harusnya
dapat digunakan sebagai sumber pembelajaran yang potensial mengingat sebagian
besar penggunanya adalah remaja / pelajar.
Di SMKN 2 Gedangsari penggunaan facebook dalam
pembelajaran belum maksimal digunakan, meskipun sebagian besar siswa dan guru
adalah pengguna facebook. Penggunaan facebook dalam pembelajaran di SMKN 2
Gedangsari masih menjadi bahan perdebatan mengingat dampak negatifnya juga
besar. Guru kurang dapat mengontrol efek penggunaan facebook terkait dengan focus
pembelajaran. Siswa memiliki kecenderungan facebook hanya untuk berbagi cerita
ringan ketimbang untuk pembelajaran.
Hal yang juga menjadi perdebatan adalah bahwa Facebook
juga dapat menyebabkan siswa kurangnya sosialisasi dengan masyarakat sekitar,
karena dengan bermain di dunia maya dapat menyebabkan sosialisasi kita menurun.
Hal ini yang membuat orang-orang di era globalisasi sekarang ini lebih bersifat
individual. Pemikiran mereka juga terkadang terlalu kritis tanpa melihat
bagaimana keadaan sosial orang lain. Dan dengan demikian akan menimbulkan
kesenjangan sosial di masyarakat itu sendiri.
Hal yang kadang ditemui di HP siswa adalah gambar atau
film porno. Sengaja maupun tidak sengaja facebook terkadang terdapat situs
porno yang kurang baik untuk pengguna kalangan anak-anak hingga remaja. Secara
tidak langsung tampilan iklan-iklan yang ada di facebook yang bersifat “porno”
tidak dapat dihindari lagi. Anak-anak dan remaja memiliki sifat ingin tahu yang
cukup tinggi, mereka ingin tahu justru apa yang dilarang. Belum stabilnya
psikologis anak tersebut yang dapat membuat anak selalu merasa ingin tahu. Atas
dasar inilah di SMKN 2 Gedangsari penggunaan facebook oleh guru dalam
pembelajaran sering dihindari, meskipun terkadang komunikasi dan penugasan
lewat facebook kepada siswa lazim dilakukan guru.
Menarik sekali artikelnya pak, bisa menjadi bahan pertimbangan bagi guru yang akan menerapkan Facebook sebagai salah satu media pembelajaran dengan mengingat kelebihan/dampak positif dan kekurangan/dampak negatifnya. Guru selain bisa memanfaatkannya sebagai media pembelajaran juga bisa dijadikan sebagai sarana mengontrol perilaku siswa di media sosial meskipun banyak kendala yang dihadapi tapi setidaknya guru bisa meminimalisasi dampak buruk yang ditimbulkan dengan selalu memberi nasehat dan postingan positif kepada para siswa. :)
BalasHapusM. ARIF BUDIAWAN /14913128
memang betul pak, tantangan bagi kita untuk mengarahkan penggunaan facebook ke hal-hal yang positif dengan memberikan kontrol melekat kpd murid.. terimakasih masukannya pak arif...
Hapus